Pertamax Turbo, Inovasi Terbaru BBM Jenis Pertamax Dari Pertamina

Pertamina di GIIAS 2016

Booth Pertamina di ajang GIIAS 2016

Sukses dengan perhelatan akbar GIIAS tahun kemarin, Gaikindo kembali menggelar pameran akbar bertema otomotif tahun ini di ICE BSD. Dan ini adalah tahun kedua saya mengunjungi pameran otomotif terbesar berkelas internasional “saingan” dari IIMS yang biasa berlangsung di PRJ Kemayoran ini.

Banyak orang berasumsi (termasuk saya) bahwa pameran bertema otomotif sejenis GIIAS dan IIMS adalah ajang pameran mobil baru dan mesin keluaran terbaru. Padahal sesuai temanya, lingkup otomotif tidak melulu membahas tentang mesin saja, tapi termasuk supportingnya, seperti teknologi sparepart dan bahan bakar. Wajar memang, karena sepanjang saya melihat-lihat di arena GIIAS ini, bau “jualan” lebih menyengat daripada aroma edukasi tentang perkembangan teknologi otomotif nya. Buktinya, setiap beberapa jengkal saya melangkah, saya pasti ketemu sama mbak-mbak SPG yang nenteng brosur dan price list, dengan bonus senyum yang menggoda iman dan produk yang di tawarkan bisa bikin ngiler (bener nih, cuma ngiler sama produknya…? *eghem!)

Selain beragam booth pabrikan kendaraan roda empat yang meramaikan pameran, ajang GIIAS kali ini juga di meriahkan dengan hadirnya salah satu perusahaan BUMN yang mensupport pengadan bahan bakar, yaitu Pertamina. Nah, kemarin saya sempat mampir ke booth Pertamina ini. Lumayan lama saya berada d booth ini, selain lokasinya yang berada di ujung dan adanya beragam wahana edukasi untuk anak-anak yang membuat anak saya betah, di booth ini juga sedang berlangsung re-launch produk teranyar dari Pertamina, yaitu Pertamax Turbo.

Jika selama ini saya hanya mengenal jenis bahan bakar Pertamax yang sering saya pakai itu hanya dua varian, yaitu Pertamax dan Pertamax Plus, tahun ini Petamina mengeluarkan produk baru jenis Pertamax, yaitu Pertamax Turbo. Karena penasaran, sembari “ngangon” anak di wahana permainan anak, saya juga sempat menyimak presentasi yang dibawakan oleh mas Yus, salah seorang ahi Bahan Bakar jebolan ITB yang saat itu sedang membahas mengenai produk Pertamax Turbo di main stage nya Pertamina.

Ngangon anak di booth Pertamina

Booth Pertamina di ajang GIIAS dilengkapi dengan Wahana Anak

Pertamax Turbo merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin bensin yang merupakan hasil improvement dari produk Pertamax Plus yang memiliki RON (Research Octan Number) minimal 98 yang dilengkapi dengan Ignition Boost Formula (IBF)

Lahirnya Pertamax Turbo tidak lepas dari peran serta pabrikan mobil kelas dunia Lamborghini. Sebagai Technical Partner of Lamborghini, Pertamina bersama Lamborghini mengembangkan Pertamax Turbo, dimana produk ini telah diuji dan digunakan dalam kejuaraan Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series di Eropa.

Pertamax Turbo, Bahan Bakar Masa Depan

Menurut mas Yus, Pertamax Turbo adalah bahan bakar masa depan yang ditunggu tunggu kehadirannya. Produsen teknologi mesin motor dan mobil sudah mulai mendesain produknya untuk dipasangkan dengan bahan bakar jenis Pertamax sejak 2013 lalu. Artinya, mobil dan motor keluaran tahun tersebut sampai keluaran terbaru di tahun ini tidak cocok lagi jika diumpan dengan bahan bakar jenis premium. Jujur saya juga baru tahu loh…!, pantesan tahun kemarin beredar kabar mengenai bahan bakar jenis Pertalite yang digadang gadang akan menggantikan Premium.

Lalu, apa dan bagaimana spesifikasi Pertamax Turbo dengan varian Pertamax yang biasa kendaraan saya konsumsi? Mungkin slide presentasi dari mas Yus ini bisa menjelaskannya.

Perbandingan Pertamax Turbo dengan RON 95

Kelebihan Pertamax Turbo dibanding Pertamax RON 95

Perbandingan Pengaruh mesin

Perbandingan Konsumsi Jenis BBM Terhadap Kondisi Mesin 

 

Pengujian terhadap kendaraan

Pengujian Terhadap Kendaraan

Spesifikasi Kia dan Fisika Pertamax Turbo

Spesifikasi Pertamax Turbo Secara Fisika dan Kimia

Kelabihan lain dari Pertamax Turbo selama saya menyimak presentasi dari mas Yus antara lain :

  • Meningkatkan driveability kendaraan, sehingga lincah bermanouver
  • Akselerasi mesin mejadi lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi
  • Meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan
  • Peningkatan tenaga mesin kendaraan
  • Menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin

Pertamax Turbo cocok digunakan untuk kendaraan dengan perbandingan kompresi lebih dari 12 (r>12). Bahan bakar dengan oktan tinggi saat ini sangat diperlukan, sebab perkembangan teknologi mesin yang semakin canggih (supercharger, turbocharger, gasoline direct injection dll.) telah menuntut tekanan kompresi mesin kendaraan yang semakin tinggi. Nah, melalui produknya, Pertamax Turbo, Pertamina berusaha untuk menjawab tantangan tersebut.

Harga Jual Pertamax Turbo

Jadi kesimpulan saya, Pertamax Turbo “saat ini” di desain untuk kalangan elit di Indonesia, karena secara harga jual, jenis Pertamax Turbo ini berada di urutan teratas jika disandingkan dengan jenis bahan bakar yang saat ini beredar di Indonesia. Memang sih selain mengeluarkan varian baru Pertamax Turbo, tahun ini Pertamina juga mengeluarkan varian lainnya yang di desain untuk kalangan menengah kebawah, yaitu Pertalite. Jadi buat saya, Pertamax Turbo adalah opsi kedua yang akan saya pilih jika ingin menikmati kualitas tarikan mesin yang mumpuni.

 

Daftar Harga Bensin

Mana Jenis Bahan Bakar yang Kamu Konsumsi ?

Meskipun harga Pertamax diatas harga BBM yang biasa saya pakai, tapi apa salahnya saya nanti mencoba produk ini, penasaran juga pengen ngerasain gimana naik kendaraan yang diumpan dengan bahan bakar “elit” ini, pasti larinya juga beda. Kata mas yus sih hanya ada beberapa spesifikasi mesin yang cocok diumpan dengan si Turbo ini, yaitu :

Pertamax Turbo cocok untuk kendaraan ini

 

Saat ini Pertamax Turbo memang masih dijual terbatas, di Jakarta sendiri hanya ada di 8 SPBU ini :

  1. Pantai Indah Kapuk
  2. Pondok Indah
  3. MT Haryono
  4. Yos Sudarso
  5. Abdul Muis
  6. Pramuka
  7. Kuningan
  8. Cikini

Sesekali kalo mampir ke SPBU ini nggak ada salahnya si kuda besi akan saya kasih Pertamax Turbo sebagai umpannya. Jujur saya penasaran pengen nyicipin gimana rasanya efek Turbo dari Pertamax Turbo. Yuk, ah! Tarik maang…!!

Pertamax Turbo emang Jempoll

Pertamax Turbo Emang Jempool..

Itu kan Kata Kidemang, Apa Kata Kamu?

