Mudahnya Menjadi Jurnalis Warga Melalui Aplikasi Kumparan.com

Aplikasi Kumparan 5

Aplikasi Andoid Kumparan.com

Kumparan, siapa yang belum kenal? awalnya saya juga mengira Kumparan adalah sebuah website perusahaan penghasil produk konsumsi atau jasa, tapi setelah sering wara-wiri di timeline media social, entah itu facebook atau twitter, saya jadi mengenalnya sebagai portal berita online. Awalnya saya sempet skeptis dengan hadirnya portal berita ini, sebab portal berita online yang saat ini saja sudah banyak, dengan ciri khas nya masing-masing. Untuk bersaing tentunya harus memiliki “nilai jual” tersendiri, supaya bisa menarik minat pembaca.

Dari bisik-bisik di group FB, konon Kumparan ini desainnya mirip dengan media social. Hanya saja, jika media social itu kumpulan individu dengan kepentingan bersosial dan berinteraksi, tapi Kumparan berisi berita, dengan beragam kanal sesuai peminatan.

Karena penasaran, (waktu itu) saya coba-coba berkunjung ke website nya. Rupanya format portal online Kumparan ini lebih fresh dan kekinian dibanding portal berita online lain. Selain up to date, konten beritanya lebih interaktif, karena ada menu khusus untuk jurnalisme warga. Pembaca tidak hanya bisa berkomentar di kolom komentar tiap artikel, tapi juga diberi ruang untuk membagikan kabar berita. Setiap user diberi beberapa menu layaknya micro blogging.  “Wah asik nih” gumamku saat itu.

Hanya sayangnya, saat itu hanya bisa akses versi website, jadi buat orang kayak saya yang waktunya banyak diluar, rada males aja musti buka browser kalo mau update berita. Akhirnya kegundahan saya terjawab. Bulan ini, Kumparan me-release versi Mobile Apps yang bisa diunduh via google play. Buru-buru dong yah langsung download aplikasi Kumparan.

Aplaikasi Kumparan

Download Aplikasi Kumparan.com

Nah, buat kamu yang belum tahu atau belum download, langsung aja download Aplikasi Kumparan di google play. Kalo bingung cara pakainya, ini saya sedikit share. Kebetulan saya baru download apps nya Kumparan yang versi 2.1.3. Versi anyar ini lumayan kenceng loading nya. Paduan warna nya juga adem dimata, simple namun elegant.

Pertama kali buka aplikasi, Kumparan akan menawarkan beragam kanal yang bisa dipilih oleh user. Pemilihan kanal ini akan berpengaruh pada isi berita yang akan tampil di timeline kita, layaknya timeline facebook. Misalnya nih, kalo kamu suka Bola, trus milih kanal Bola, maka timeline kamu nanti akan berisi berita tentang Bola. Waktu saya download sih ada 14 kanal berita yang bisa dipilih. Penasaran kanal apa saja? Langsung DOWNLOAD aja.

Aplikasi Kumparan 2

Ragam Kanal Berita Kumparan.com

Kemudian setelah memilih kanal, Kumparan menawarkan topik berita favorit yang diminati oleh user. Nah, saya belum tahu juga nih maksud pemilihan berita favorit ini, apakah masih berhubungan dengan pemilihan kanal tadi atau enggak. List topik berita favorit yang ditawarkan juga caption nya rada membingungkan, karena ada beberapa topik favorit yang judulnya berkaitan dengan kanal yang tidak saya pilih sebelumnya. Saya sih memilih topik favorit yang ada kaitannya dengan kanal pilihan saya saja.

Aplikasi Kumparan 8

Ragam Topik Berita Favorit di Aplikasi Kumparan.com

Setelah selesai pemilihan Kanal Berita dan Topik Favorit, user sudah langsung menggunakan aplikasi Kumparan. Nah di sini nih saya merasa menemukan passion, sebab semua user bisa berkontribusi untuk menjadi jurnalis warga. Disana ada beberapa menu yang bisa digunakan untuk berinteraksi, antara lain menu Profile, Notifikasi, Write, Feed, dan Home.

Menu home menampilkan time line berita-berita yang berkaitan dengan kanal favoit dan topik favorit yang sebelumnya kita pilih. Masing-masing kanal dan topik berita memuat bermacam artikel yang bisa diklik untuk dibaca, lengkap dengan gambar utama. Untuk mengganti kanal (menambah dan mengurangi) user bisa mengunakan menu pilihan di pojok kanan atas. Sayangnya, ketika saya mau ganti kanal favorit, aplikasi Kumparan tiba-tiba crash, dan menghilang. Mungkin kebanyakan yang mengakses. Namun begitu, ketika saya buka kembali aplikasinya, loadingnya lunayan cepat, tidak sampai 3 detik, layar handphone sudah menampilkan menu HOME lagi.

Aplikasi Kumparan 1

Tampilan Menu Home 

Setelah meng update menu Profile, saya tak sabar untuk mencoba menu untuk jurnalisme warga, menu ini ber ikon kertas dan pulpen. Menu ini sangat familiar buat penulis atau blogger, berisi dashboard untuk media menulis. Meski tampilannya sederhana, tapi menu yang ada sudah mewakili kebutuhan user sih menurutku. Cuman yang saya belum tahu, apakah setelah selesai dan publish tulisan user langsung tampil di media Kumparan atau perlu moderasi, sebab riskan juga kalo tanpa moderasi. Saya juga tidak menemukan topup window konfirmasi, untuk memastikan artikel yang dikirim oleh user sudah siap publish. Yang saya suka dari apps ini, artikel yang sudah di publish oleh user, bisa di share di beberapa social media seperti FB, Twitter, Wechat, dll. layaknya berkirim file di system android.

Aplikasi Kumparan 4

Artikel bisa di share ke beberapa media sosial

Nah disini nih saya merasa sedikit riskan, sebab artikel yang sudah publish itu belum bisa di edit. Beberapa kali mencoba menu edit tapi tidak berfungsi. Ngeri aja kalo misalnya yang user tulis itu beritanya tidak akurat dan tersebar ke beberapa media social, lalu menjadi viral. Siap-siap aja si user berhadapan dengan hukum. Apalagi tampilan di Medsos juga bagi masyarakat awam seperti bersumber dari Kumparan.com. Masyarakat awam pasti tahu nya berita tersebut bersumber dari portal berita Kumparan.

Jadi kesimpulan saya mengenai aplikasi Kumparan ini adalah :

  1. Untuk media jurnalis warga, aplikasi ini sangat membantu sebagai media penyebar informasi, yang langsung mendapat stempel Kumparan.com sebagai sumber informasi yang sudah familiar di masyarakat. Namun sayangnya, menu edit belum bisa berfungsi, sehingga berita yang disampaikan bisa menjadi boomerang bagi si pengirim berita.
  2. Akses dan kecepatan loading nya bisa diandalkan. Dari pengalaman saya membuka aplikasi ini, dalam waktu kurang dari 3 detik tampilan layar sudah full view. Namun sayangnya masih terjadi beberapa kali crash dan skip otomatis, sehingga harus mengulang dari awal.
  3. Konten beritanya komplit, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan user. Hanya saja, bagi yang awam, sulit sekali membedakan mana berita yang asli dari redaksi dan mana berita yang bersumber dari jurnalis. Jika saya boleh saran sih, supaya bisa dibedakan sehingga masyarakat bisa memilah informasi dan tidak terjadi confuse.

Pastinya aplikasi ini akan mengalami update dan perbaikan. Aplikasi ini cocok buat kamu yang mobile, menu aplikasinya friendly dan mudah dimenegrti. Tampilannya juga soft dimata. Buat kamu yang  aplikasi ini, bisa langsung DOWNLOAD disini.

 

Iklan

Itu kan Kata Kidemang, Apa Kata Kamu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s