Peringatan Hari TB Dunia “Temukan, Obati Sampai Sembuh” TOSS TB

Peringatan Hari TB Dunia

Peringatan hari TB Dunia, 24 Maret 2018

Puncak peringatan Hari Tuberculosis dunia yang jatuh tanggal 24 Maret kemarin dirayakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di silang Monas Jakarta. Acara perayaan berlangsung meriah dengan aneka kegiatan yang mengedukasi masyarakat mengenai bahaya penyakit TB dan cara penanggulangannya.

Hadir dalam acara tersebut Menteri Kesehatan RI, Ibu Nila F. Moeloek dan pejabat penting Kemenkes lainnya. Lalu Ki Demang hadirkah? Ya jelas hadir dong, makanya ini mau cerita ada apa aja disana.

Tahukah kamu, bahwa Indonesia adalah negara dengan penderita TB nomor dua terbanyak di dunia? Kabar ini membuat saya dan teman-teman yang hadir disana sedikit syok. Tapi itulah faktanya. Data WHO tahun 2017 menyebutkan. Di Indonesia terdapat 1,02 juta kasus TBC di Indonesia, namun hamper separuhnya masih belum teridentifikasi. Diperkirakan ada sekitar 400 rubuan orang. Penyebabnya sepele, belum adanya kesadaran untuk memeriksakan diri, Kebanyakan dari mereka menganggap remeh penyakit ini.

Padahal, virus TB itu gampang sekali menular loh, hanya lewat percikan dahak penderita, virus itu bisa berpindah ke orang lain, melalui hembusan nafas. Kebayang kan seandainya 400ribu orang yang tidak teridentifikasi itu menyebarkan virus TB, satu orang bisa berpotensi menyebarkan virus kepada 15 orang lainnya, dimana orang tersebut adalah kerabat dekatnya.

Maka dari itu Kementerian Kesehatan membuat sebuah gerakan yang diberi nama TOSS TB, kebanjangan dari Temukan, Obati Sampai Sembuh Tuberkulesis. Gerkaan ini sangat dibutuhkan, dan harus dipahami dan dijalankan oeh segenap elemen masyarakat.

Ibu meteri juga memberikan apresiasi kepada organisasi PKK yang berkomitment untuk kampanye TOSS TB ini. Deklarasi komitmen PKK seluruuh Indonesia dibacakan dalam acara tersebut, di wakili oleh ketua umum tim penggerak PKK, Erni Gunarti Tjahjo Kumolo, yang merupakan istri dari Menteri Dalam Negeri.

Menkes Nila Moeloek, yang didampingi oleh Ketua Penggerak PKK Pusat, Deputi Bidang Kesehatan Kemenko PMK dan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes juga menyerahkan beberapa penghargaan terkait dengan gerakan TOSS TB, diataranya kepada:

  • Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang telah melakukan inovasi dan memberikan alokasi anggaran yang meningkat untuk penanggulangan TBC kepada Dinkes Kabupaten Sumba Timur NTT, Dinkes Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, dan Dinkes Kab. Lembata NTT.
  • Rumah Sakit Terbaik yang melaporkan data TBC sesuai dengan bebannya yang tinggi kepada RSUD dr. M. Ansari Saleh Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan, RSUD Nabire Papua, dan RSUD Jayapura Papua.
  • Puskesmas Tuberkulosis Terbaik tingkat nasional kepada Puskesmas Dobo Kab. Aru Maluku, Puskesmas Rijali Kota Ambon Maluku, dan Puskesmas Tinambung Kab. Polewali Mandar Sulawesi Barat.
  • Kader Tuberkulosis Terbaik yang telah berkontribusi tinggi untuk menemukan dan merujuk terduga TBC ke Puskesmas, yaitu Maria Yasinta Seu dari Kab. Belu NTT, Sri Puluh Handayani merupakan Kader Aisyiyah Sleman DIY, dan Yuyun Ernawati dari Kab. Pasuruan Jawa Timur.

Perayaan puncak hari TB dunia dimeriahkan dengan aneka kegiatan dari para pendukung kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), yang mendirikan booth di sekitar panggung utama. Pengunjung bisa mendapatkan aneka pelayanan dan informasi seputar penyakit TB dan penanggulangannya. Ini beberapa booth yang sempat disinggahi oleh Ki Demang.

Booth PTM Hari TB DUnia

Tes Molekular, awal pencegahan virus TB

Di Booth ini kamu bisa melakukan cek PTM atau pemeriksaan molecular. Buat kamu yang merasa ada tanda-tanda kena TB, bisa tes molecular untuk mengetahui apakah positif terkena TB atau enggak. Melalui tes ini, dahak kamu akan diambil sampel nya, dan diperiksa apakah mengandung virus TB atau tidak. Buat yang mau cek, nggak alam koq untuk lihat hasilnya, hanya butuh waktu 90 menit saja.

Booth PKVHI Hari TB Dunia

PKVHI, test pemeriksaan darah HIV

Di booth ini tertera PKVHI. Kata mas nya, PKVHI itu pemeriksaan darah untuk mengetahui apakah darah kita mengandung virus HIV atau enggak. Ini sih kesadaran saja sih, hasil pemeriksaan juga bersifat rahasia. Jarang-jarang loh pemeriksaan seperti ini gratis.

Booth Kimia Farma hari TB Dunia

Beberapa produsen obat-obatan juga ada loh booth nya di acara perayaan hari TB dunia di Monas, salah satunya Kimia Farma. Di booth ini kamu bisa tahu seberapa besar kontribusi Kimia Farma dalam program pemberantasan virus TB di Indonesia.

Yayasan KNCV Hari TB Dunia

Booth LSM ini namanya KNCV Indonesia, sebuah LSM internasional yang ditunjuk oleh WHO untuk membantu pemberantasan virus TB di Indonesia.

Booth PETA Hari TB Dunia

Ini booth favorit saya. Disini banyak para pejuang PETA (Pejuang Tangguh), sebuah gerakan humanis yang melakaukan pendekatan kepada para pasien TB untuk memberikan semangat untuk sembuh. Anggota dari gerakan ini adalah mantan penderita TB yang sudah dinyatakan sembuh total.

Komitment Berantas TB Hari TB Dunia.jpg

Di Booth RSUD Pasar Rebo ada pemeriksaan tensi darah dan control Berat Badan. Booth ini paling banyak diminati oleh pengunjung.

Booth RSI Cempaka Putih Hari TB Dunia

Selain bisa periksa kesehatan gratis, di booth RSU Cempaka Putih ini juga kamu bisa mendapatkan softdrink gratis. Syaratnya hanya absesn di buku tamu. Asik kan…?!

Selain booth diatas, masih ada beberapa booth yang Ki Demang belum sempet foto, diantaranya booth nya WHO, Kementerian Kesehatan, Gerakan Aisiyah, dan lainnya.

Yang jelas acara nya meriah, dan seluruh hadirin disana yang mewakili instansinya berkomitment untuk mensukseskan gerakan TOSS TB. Temukan, Obati Sampai Sembuh Tuberkulesis.

Iklan

2 responses to “Peringatan Hari TB Dunia “Temukan, Obati Sampai Sembuh” TOSS TB

Itu kan Kata Kidemang, Apa Kata Kamu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s