Ngabuburit Sambil Belajar FB Marketing Bersama Lalalaway.com

Buka Puasa Bersama dan Workshop Lalalaway (4)

Ngabuburit Sambil Belajar FB Marketing Bersama Lalalaway.com

Man teman, jujur yah, dalam sehari, berapa lama kamu online di facebook?? Sejam, dua jam, tiga jam, atau… lebih dari tiga jam? Hmm… itu sih saya yah.. he he he.

Menurut data si empunya facebook, Mark Zuckerberg, aplikasi buatannya itu diakses oleh para penggunanya rata-rata hampir satu jam dalam sehari. Dan tahukah kamu kalo facebook itu punya pengguna loyal 1,5 milyar di dunia? (itu data tahun 2016, data terbaru lebih gelo lagi katanya).

Di Indonesia sendiri, pengguna aplikasi ini ada 70 juta pengguna. Itu sebab Indonesia menjadi Negara pengguna facebook terbanyak ke empat di dunia (Data : Social Bakers). Rata-rata pengguna facebook di Indonesia itu berusia 18 hingga 34 tahun loh gais.

Buka Puasa Bersama dan Workshop Lalalaway (13)

Selain itu, hasil riset dari Sotrender mengungkap bahwa 41 juta pengguna Facebook di Indonesia adalah laki-laki dan 30 juta sisanya adalah perempuan. Facebook sekarang menjadi situs internet yang banyak dikunjungi setelah google. Fakta lainnya tentang facebook adalah :

  • Setiap 20 menit sekali, sedikitnya ada 1 juta link dibagikan di facebook, 2 juta permintaan pertemanan dikirim, dan 3 juta pesan dikirim via facebok
  • Setiap menit ada sekitar 1,8 juta Like yang di klik oleh pengguna facebook
  • Dalam sehari, pemilik smartphone yang didalamnya terdapat aplikasi facebook akan mengecek akun facebook nya paling tidak 14 kali.

Jadi, jangan kaget kalo ada yang ngaku lebih dari 3 jam dalam sehari mengakses Facebook, itu termasuk wajar gais *jurusmembeladiri :p

Terus, apa sih yang membuat facebook bisa bikin betah penggunanya?

Konon, orang-orang betah mantengin facebook ini karena facebook-lah media social yang paling ramah dengan pengguna, dan mudah digunakan oleh siapapun, bahkan yang baru melek internet sekalipun. Malahan nih, kalo kita membeli smartphone, aplikasi ini sudah menjadi aplikasi bawaan yang tidak perlu di instal.

Facebook

Melalui facebook, penyebaran informasi begitu sangat cepat. Saya sendiri seringkali mendapat kabar berita terkini dari facebook. Sehari kemudian berita itu baru muncul di TV. Selain berita, facebook banyak dimanfaatkan oleh brand untuk memperkenalkan produknya.

Tadinya saya sering heran, tiap kali berselancar di facebook, time line facebook sering menampilkan status brand tertentu yang yang sedang mengiklankan produknya. Bentuknya macam-macam, dari mulai kombinasi gambar dan text, hingga video dan meme lucu yang menarik. Saya tahu nya itu adalah produk iklan karena di sebelah kanan atas nya tertulis kata “sponsored”. Rupanya, dengan fakta-fakta yang saya sebutkan diatas itu, membuat facebook dilirik oleh berbagai brand untuk mengiklankan produk mereka supaya dikenal oleh masyarakat.

Workshop Facebook Marketing Bersama Lalalaway.com

Hari Rabu kemarin (06/07/2018) saya dan teman-teman Blogger mendapatkan materi Facebook Marketing di acara workshop yang diselenggarakan oleh Lalalaway.com. Workshop diadakan di kantor Lalalaway, Jl. Majapahit no. 16, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat. Diikuti oleh teman-teman Blogger di Jabodetabek.

Buka Puasa Bersama dan Workshop Lalalaway (5)

Workshop Lalalaway.com bersama Blogger Jabodetabek

Loh, apa hubungannya Blogger dengan Facebook Marketing? Blogger perlu gituh memanfaatkan Facebook Marketing?

Gais, Blogger itu kan pasti punya karya, dalam bentuk tulisan dan artikel, dan tentunya Blogger ingin karyanya itu bisa dinikmati oleh khalayak, tulisannya bisa di share oleh banyak orang, dan traffic blognya bisa naik, sehingga blog nya menjadi terkenal, sukur sukur si empunya blog jadi terkenal jugak. *eghem *elusdagu *ngaca.

Lalu apa saja yang di bahas dalam Workshop?

Saya dan teman-teman banyak sekali mendapatkan materi tentang targeting, filtering, dan monetize fanpage di Facebook sebaga senjata untuk personal branding sebuah blog. Melalui Facebook Marketing, kita bisa menaikkan traffic blog, menggiring pembaca, dan trik bagaimana pengguna facebook yang 1,5 Milyar itu tertarik dengan blog kita. Selain itu, buat blogger yang nyambi menjadi interpreneur, materi ini sangat berguna sekali untuk memperkenalkan produk nya ke khalayak.

Kebayang kan, tanpa capek berkoar koar pakai speaker atau keluar masuk kampung untuk memperkenalkan produk atau blog kita, tapi produk kita atau blog kita bisa terkenal, hanya melalui media bernama Facebook Marketing.

Materi workshop sendiri dibawakan oleh mas Mas Rendra Saputra dan Mas Darwin. Keduanya adalah professional dibidang SEO dan FB Marketing di perusahaan ecommerce ternama. Mas Rendra SEO Specialist di Bukalapak dan mas Darwin di Lalalaway.com.

Jika mas Rendra banyak membahas mengenai sisi SEO (Search Engine Optimation), maka mas Darwin banyak membahas tentang teknik targeting audience di Facebook Marketing. Menariknya, materi yang disampaikan ini tidak sebatas teori saja, mereka telah mempraktekkan di kantornya masing-masing. Kalo ditanya puas atau enggak, saya merasa sangat puas, karena kami benar-benar mendapatkan “daging” nya. Tinggal mempraktikkannya sendiri aja dirumah.

Waah, mau dong ikutan workshop nya…!

Tenang gais, workshop ini diadakan oleh Lalalaway.com setiap bulan koq, dan tema nya bisa beda-beda tiap periode, tergantung kebutuhan para pesertanya. Kebanyakan sih pembahasan materinya berhubungan dengan kegiatan Blogger. Karena selama ini pesertanya kebanyakan dari kalangan Blogger. Psst..! malahan aku aja udah dua kali ikut workshop ini. Jadi kalo kamu pengen ikutan, bisa pantengin ya blog aku atau media sosialnya lalalaway.com. Kemarin sih aku ngusulin untuk diadakan juga di daerah, biar kalian Blogger di daerah juga bisa ikutan workshop berfaedah dari Lalalaway.

Apa sih Lalalaway itu?

Lalalaway adalah situs booking hotel yang berbeda dengan situs booking hotel kebanyakan. Di Lalalaway.com, hotel yang ditawarkan adalah hotel kelas premium, dengan beragam fasilitas yang komplit.

Buka Puasa Bersama dan Workshop Lalalaway (11)

Lalalaway.com situs booking hotel terkini

Meski hotelnya kelas premium, tetapi uniknya, harga yang ditawarkan itu setara dengan hotel medium, bahkan setara dengan hotel biasa. Diskon yang ditawarkan nggak tanggung-tanggung, bisa sampai 70-% loh gais. Diskon gila ini sering banget ada di website nya Lalalaway, biasanya melalui program Flash Sale. Misalnya yang sekarang lagi flash sale nih gais, Hotel Four Seasons yang di diskon hingga 35%.

Kalo penasaran, langsung aja cekidot ke website Lalalaway.com, atau buat yang nggak mau repot, langsung install aplikasinya aja gais, FREE.

Ngabuburit dan Buka Puasa Bersama Lalalaway.com

Nah, asiknya workshop kali ini adalah sekalian ngabuburit dan buka puasa bersama, karena bertepatan dengan bulan Ramadan. Itulah kenapa saya sangat antusias mengikuti workshop kali ini, karena selain materi nya yang bermanfaat, kita juga bisa seseruan bareng teman-teman Blogger setelah workshop selesai. Ini dia keseruannya :

Buka Puasa Bersama dan Workshop Lalalaway (12)

Mini Quiz di sela acara workshop dengan hadiah menarik

Buka Puasa Bersama dan Workshop Lalalaway (1)

Berbuka Puasa Bersama

Buka Puasa Bersama dan Workshop Lalalaway (2)

Berbuka Puasa Bersama

Buka Puasa Bersama dan Workshop Lalalaway (14)

Photo Contest Instagram

Buka Puasa Bersama dan Workshop Lalalaway (10)

Berbuka Puasa Bersama

Tertarik mengikuti workshop bersama Lalalaway? nantikan agenda berikutnya yah… sampai jumpa di workshop selanjutnya.

Iklan

3 responses to “Ngabuburit Sambil Belajar FB Marketing Bersama Lalalaway.com

Itu kan Kata Kidemang, Apa Kata Kamu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s