Sensasi Camping di Guci Forest Tegal, Berasa Camping di Hutan Modern

Guci Forest Camping Ground

Jika di Jawa Barat ada Ciater sebagai sumber air panas alami yang dijadikan objek wisata andalan, maka di Jawa Tengah juga ada Guci, sumber mata air panas alami yang sudah menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Tengah. Lokasi Guci berada di desa Guci, kecamatan Bumijawa, kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Kalo dibandingkan akses dan tarif pengunjung, Guci masih relatif lebih murah. Retribusi dan HTM nya lebih ekonomis dan mudah dijangkau oleh rakyat jelata kayak saya. Eksistensi Guci sebagai pemandian air panas alami sudah tidak diragukan lagi. Pengunjung tidak hanya berasal dari kawasan Tegal saja, tapi banyak dari luar daerah yang berkunjung ke Guci. Bahkan jika weekend dan hari libur, akses ke Guci kerap kali macet karena membludaknya pengunjung.

Sumber mata air utama di Guci adalah pancuran 13. Dari sinilah kemudian muncul spot wisata lainnya yang menjadi spot wisata pendukung, sehingga pengunjung punya banyak pilihan ketika datang kesana. Tentunya dengan konsep yang unik dan berbeda. Ada Guciku Waterboom, Baron Hills, kolam renang Barokah, Guci Gung, Graha Tirta Ayu, The geong, dll.

Nah salah satu spot wisata pendukung lain yang bikin saya kepincut adalah Guci Forest. Spot wisata yang satu ini benar-benar istimewa menurutku. Daya tarik tempat ini adalah Camping Ground dan penginapanya yang dikonsep kekinian. Namun, meskipun konsepnya kekinian tetapi tidak terkesan norak seperti yang lain. Sesuai namanya, unsur hutan alam yang ada ditempat ini benar-benar dipertahankan, dipadukan dengan konsep bangunan villa dan area Camping Ground.

Demi merasakan camping dengan suasana hutan yang dekat dengan obyek wisata Guci, minggu kemarin saya mencoba camping disini dengan mengajak anak-anak. Berikut dokumentasi dan review hasil nge camp di Guci Forest.

Video Review lengkap Guci Forest Camping Ground

Area camping ground di Guci Forest sangat nyaman, lokasinya ditengah hutan pinus yang rimbun dengan aroma kahas pinus. Kontur tanahnya juga empuk tapi tidak lembab, karena banyak vegetasi alami dan dedaunan pinus yang menyatu dengan tanah. Area camping ground nya bisa memuat ratusan tenda, sehingga tempat ini seringkali dipergunakan untuk arena camping komunitas dan gathering berkonsep alam.

Fasilitas di tempat ini juga tergolong lengkap, dari mulai air bersih, aliran listrik, musholla, dan makanan yang bisa dipesan di Kafe yang ada di komplek lokasi. Tempat parkir kendaraan juga luas dan dekat dengan arena camping, memudahkan kita untuk bolak balik mengangkut peralatan camping dari mobil ke lokasi tenda. Selain itu, untuk pengunjung yang membawa anak-anak, dijamin anaknya akan betah, karena ada kolam renang anak dengan air hangat. Sepertinya air hangatnya bersumber dari saluran air panas Guci pancuran 13.

Untuk harga tiket masuk ke area ini tergolong lumrah, bagi anda yang membawa peralatan camping sendiri, per orang dikenakan biaya 30 ribu, sedangkan anak-anak di charge 10 ribu, sedangkan biaya parkir kendaraan di charge 15 ribu.

Bagaimana dengan pengunjung yang tidak membawa peralatan camping? Tenang..! Management Guci Forest menyediakan paket camping dan sewa peralatan yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan. Seperti tenda, matras, sleeping bag, kayu bakar untuk api unggun, sampai dengan penyewaan sleeping bag untuk tidur.

Untuk menuju lokasi Guci Forest, anda bisa mengikuti jalur google map ini (klik gambar)

Itu kan Kata Kidemang, Apa Kata Kamu?